Sabtu, 16 Maret 2013

Manfaat-manfaat Menghafal Al-Qur'an



shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat
Oleh Abduldaem Al-Kaheel

Berbagai kajian kontemporer membuktikan bahwa hafalan Al-Qur’an dapat menjaga seseorang dari berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan kreatifitas dan relaksasi. Amal terbaik yang bisa dikerjakan seseorang adalah membaca Al-Qur’an, mengamalkan kandungannya, menerapkanperintah Allah, dan menjauhi larangan Allah.

Ketika kita membaca sebuah buku tentang Neuro Linguistic Programming, atau tentang seni manajemen waktu, atauseni bergaul, maka penulisnya akan mengatakan: "membaca buku ini dapat mengubah hidup Anda". Artinya, kitab apapun yang dibaca seseorang itu akan memengaruhi perilaku dan kepribadiannya, karena kepribadian merupakan hasil dari wawasan dan pengalaman, serta apa yang dibaca, dilihat dan didengarnya.

Sudah barang tentu buku-buku karangan manusia ini pengaruhnya terbatas. Tetapi, ketika berbicara tentang Kitab Allah yang menciptakan manusia, dimana Dia lebih mengetahui apa yang ada dalam diri manusia dan apa yang menjadikannya lebih baik, maka sudah barang tentu kita menemukan dalam kitab ini informasi-informasi yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya di dunia dan akhirat. Karena Al-Qur’an adalah cahaya, obat danpetunjuk.

Di dalamnya kita temukan masa lalu dan masa mendatang. Allah berfirman,“Yang tidak datang kepadanya (Al Qur'an) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.”(QS Fushshilat [41]: 42).

Setiap ayat yang kita baca, direnungkan dan dihafal dapat menciptakan perubahan dalam hidup kita! Bagaimana dengan orang yang membaca dan menghafal seluruh Al-Qur’an?Tidak diragukan bahwa bacaan Al-Qur’an, perenungan, dan penyimakan dengan khusyuk itu dapat merekonstruksi kepribadian seseorang, karena Al-Qur’an mengandung berbagai prinsip dan dasar-dasar yang solid bagi caracter building. Kesimpulannya, berpegang teguh padaAl-Qur’an dan menjaga tilawahnya itu dapat berpengaruh positif terhadap kepribadian seseorang, meningkatkan sistem kekebalan dalam dirinya,melindunginya dari berbagai penyakit psikologis, membantunya untuk sukses dan mengambil keputusan-keputusan yang sulit. Jadi, Al-Qur’an adalah jalan kita untuk menjadi kreatif, memimpin, bahagia dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dibaca

tayangan bulan lalu