Selasa, 23 Oktober 2012

Macam-macam Manasik Haji

shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat



Manasik haji itu ada 3 macam: tamattu', qiraan, dan ifraad.

Haji Tamattu'
Secara bahasa tamattu' adalah mashdar dari kata tamatta'a yatamatta'u tamattu'an fa huwa mutamatti', yang artinya bersenang-senang atau bernikmat ria.
Haji tamattu' adalah haji yang didahului dengan pelaksanaan manasik umrah terlebih dahulu, kemudian tahallul sempurna, lalu berihram untuk manasik haji jika sudah datang waktu pelaksanaannya (hari tarwiyah/8 Dzulhijjah).
Jadi haji tamattu' adalah haji dengan 2 kali ihram dalam satu perjalanan naik haji.
Disebut dengan tamattu', karena di dalam pelaksanaannya terdapat kesempatan menggauli istri di antara 2 manasik, yaitu manasik umrah dan manasik haji.
Orang yang melaksanakan haji tamattu' disebut dengan mutamatti'.

Haji Qiraan
Qiraan secara bahasa merupakan bentuk mashdar dari qarana yaqrinu qiraanan fa huwa qaarin, artinya penggabungan.
Dalam istilah manaasik, haji qiran adalah menggabungkan antara pelaksanaan haji dan umrah dalam satu ihram. Jadi amalannya satu, namun untuk dua manasik sekaligus, haji dan umrah.
Orang yang melakukan haji qiraan disebut dengan qaarin.

Haji Ifraad
Ifraad secara bahasa merupakan mashdar dari afrada yufridu ifraadan fa huwa mufrid, artinya menjadikan sesuatu berdiri sendiri atau terpisah dengan yang lainnya. Haji ifraad adalah haji yang tidak didahului atau digabung dengan umrah. Dengan kata lain, haji ifraad itu adalah yang bukan haji tamattu' dan haji qiraan.
Orang yang melaksanakan haji ifraad disebut dengan mufrid.

Catatan:
- Jika pelaksanaan manasik umrah dilakukan setelah ihram manasik haji selesai, maka ini tidak disebut haji tamattu', walaupun pelaksanaan umrahnya dilakukan pada bulan haji.
- Haji qiraan dan ifraad pada hakikatnya memiliki amalan (teknis pelaksanaan) yang sama. Hanya saja qiraan diwajibkan hadyu, sedangkan ifraad tidak wajib hadyu.
- Haji tamattu' dan qiraan sama-sama diwajibkan hadyu. Hanya saja bedanya tamattu' 2 kali ihram (umrah dan hajinya terpisah), sedangkan qiraan 1 kali ihram (umrah dan hajinya digabung).
- Penduduk Makkah tidak wajib hadyu apapun manasik haji yang dipilihnya.
- Bagi yang bukan penduduk Makkah, jika ia memilih haji tamattu' dan qiraan maka wajib baginya hadyu (menyembelih binatang kurban: onta, atau kerbau, atau kambing). Hadyu bisa dilakukan secara perorangan, kelompok, atau diwakilkan kepada orang/lembaga terpercaya untuk kemudian disembelih pada hari raya kurban.

Semoga ulasan ringkas ini dapat membantu Anda untuk membedakan antara ketiga manasik haji tersebut.

Wa shallallaahu 'alaa nabiyyinaa Muhammad, walhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.



******************************



Often times, we hear the saying: “Behind every great man, there is a great woman“. History proves this statement to be true, whether the woman is a wife, mother or mentor.

At the closing of the hajj season, Muslims around the world celebrate Eid Ul Adha in memory of Prophet Ibrahim (peace be upon him). During this joyous occasion, we would like to focus on a woman who stood by our Prophet and contributed to his successes.

Hajar, the wife of Prophet Ibrahim, was no ordinary woman. Allah chose her as the wife & mother of a Prophet because of the strong qualities she possessed. She had the will power to leave the land she grew up in & migrate for a better life. She had the courage to stay in a barren dessert alone with an infant while her husband strove to fulfill the command of his Lord. She accepted her fate but was determined to keep going. She strove physically & mentally to provide for her son. She was quick in finding a solution to contain the water of ZamZam into a well. She contributed to society by allowing travelers to benefit from the well of ZamZam, which resulted in tribes settling in that area and building a community. And she raised a child who was righteous, obedient and brave enough to submit to the command of Allah without giving it a second thought

Allah honoured her in such a way that until today pilgrims perform Sa’ee at Hajj in remembrance of her efforts. The Being ME team reveres the efforts & contributions of Hajar (Peace be upon her) and women like her around the globe. We believe that women have the power to shape society & build nations of positive change.
Sering kali, kita mendengar pepatah: "Di belakang setiap orang besar, ada seorang wanita yang besar". Sejarah membuktikan pernyataan ini benar, Apakah perempuan istri, ibu, atau mentor.

Pada penutupan musim haji, Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha Ul mengenang nabi Ibrahim (alaihissalam). Selama ini kesempatan yang menggembirakan, kami ingin fokus pada seorang wanita yang berdiri oleh Nabi kita dan memberikan kontribusi kepada keberhasilan.


Hajar, istri Nabi Ibrahim, adalah tidak ada wanita yang biasa. Allah memilih dia sebagai istri & ibu seorang nabi karena dia memiliki kualitas kuat. Ia akan kekuatan untuk meninggalkan tanah ia dibesarkan di & bermigrasi untuk kehidupan yang lebih baik.

Dia memiliki keberanian untuk menginap di dessert tandus sendirian dengan bayi sementara suaminya berusaha keras untuk memenuhi perintah dari Tuhan-nya. Dia diterima dengan nasib tetapi bertekad untuk terus berjalan. Dia berjuang secara fisik & mental untuk menyediakan untuk anaknya.

Ia cepat dalam mencari solusi untuk mengandung air ZamZam ke dalam sumur. Dia memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan keuntungan dari sumur ZamZam, yang mengakibatkan suku-suku yang menetap di daerah itu dan membangun sebuah komunitas.

Dan ia mengangkat seorang anak yang benar, taat dan cukup berani untuk tunduk kepada perintah Allah tanpa memberikan berpikir dua kali Allah dihormati dirinya dengan cara yang sampai hari ini peziarah melakukan Sa'ee di Haji mengenang usahanya. Tim yang saya menghormati usaha & kontribusi dari Hajar (alaihi dia) dan wanita seperti dia. di seluruh dunia. Kami percaya bahwa perempuan memiliki kekuatan untuk membentuk masyarakat & membangun bangsa-bangsa dari positif mengubah. (Diterjemahkan oleh Bing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dibaca

tayangan bulan lalu