Jumat, 24 Februari 2012

shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat


Siapa Suruh Anda Sukses…. ?

Sebelum Anda sukses, maka Anda harus paham dulu apa artinya sukses. Sehingga Anda akan mengetahui apakah kunci dari kesuksesan itu. Jika Anda termasuk yang mengartikan sukses adalah hasil akhir dari usaha, maka Anda termasuk orang yang jarang sukses. Tapi jika Anda mengartikan bahwa sukses adalah perjalanan menuju hasil akhir plus hasil akhirnya, maka Anda bisa sukses setiap saat.
Anda pasti tidak hanya ingin sukses, sebab sukses menjadi tiada berarti jika tidak diiringi kebahagiaan. Itu sebabnya agar sukses Anda memiliki arti, maka Anda pun harus paham arti dari bahagia dan Anda pun merasa nyaman untuk medapatkan kebahagiaan itu.
Kalau Anda termasuk yang mengatakan bahwa sukses dulu baru berbahagia, dan Anda pun mengartikan sukses adalah hasil akhir, maka Anda akan kesulitan untuk berbahagia. Tidak perlu menunggu sukses baru berbahagia, tapi berbahagialah maka Anda akan bertambah sukses !
Mengetahui arti bahagia tu pentig sebagaimana pentingnya sebuah kebahagiaan. Dan arti dari bahagia adalah apa yang sedang Anda rasakan, dan ‘’rasa’’ tidak perlu menunggu fakta, Anda bisa hadirkan rasa terbaik Anda bersama Allah dalam dzikir yang syahdu. Kapanpun dan dimana pun Anda mau, maka Allah pun berkehendak untuk itu.
Kini kita paham bahwa kunci dari sukses adalah bahagia. Lalu apakah kunci dari bahagia itu ? Kunci dari bahagia adalah keikhlasan yang berefek pada ketenangan. Ikhlas artinya murni. Artinya murni hanya karena Allah. Ikhlas itu terlihat dari sikap kita yang menerima sepenuhnya-dengan murni-semua ketetapan Allah. Orang biasa menunggu bahagia dan sukses baru bisa menerima semua ketetapan Allah, tapi orang yang luar biasa adalah orang yang menerima semua ketetapan Allah sebab is yakin bahwa ketetapan Allah adalah pasti yang terbaik. Sehingga, hidupnya menjadi tenang, maka orang seperti itu pastilah berbahagia dan sukses.
Kunci dari kesuksesan adalah kebahaiaan. Kunci dari kebahagiaan adalah keikhlasan. Dan kunci dari keikhlasan (ketenangan) adalah : istighfar, bersabar, memaafkan dan sedekah ( Q.S. 3:133-134). Dengan banyak beristighfar maka Anda akan dibersihkan jiwanya oleh Allah, karena keikhlasan mudah hadir atas izin-Nya. Dengan bersabar dan memaafkan, maka Anda akan merasakan nikmatnya berjiwa ikhlas.
Kemudian, tentang sedang ada dua model : pertama sedekah yang ‘’berasa,’’ kedua sedekah yang ‘’kurang berasa.’’ Sedekah yang berasa adalah yang ‘’gede,’’ sehingga ada rasa ‘’deg’’ di dada ketika keluar harta dari kantong kita. Dan rasa ‘’deg,’’ itulah sebagai pertanda bahwa banyak kotoran hati yang harus dikeluarkan bersamanya keluaran harta yang kita sedekahkan. So, tidak perlu menunggu ikhlas baru bersedekah, tapi bersedekahlah maka Insya Allah Anda akan semakin ikhlas.

Dan, untuk menjaga kemurnian dan kebersihan jiwa kita di hadapan Allah dalam kehidupan yang penuh dengan godaan ini, maka Allah sajikan kepada kita sebuah kunci dari kehidupan agar jiwa kita bisa tetap terjaga kebersihannya. Sebuah usaha ‘’mandi’’ jiwa yang rutin Allah sungguhkan kepada kita, sehari minimal lima kali, dan mandi jiwa itu bernama shalat. Sehingga, kunci dari hidup adalah shalat. Jangan jadikan shalat sebagai selingan hidup, tapi jadikanlah berbagai aktivitas kehidupan Anda sebagai selingan sambil menunggu waktu shalat !

Janganlah anda berusaha menjadi manusia sukses, karena sukses itu sendiri adalah level terendah dari derajat keberhasilan sejati yang ada di kehidupan ini ! Tapi, jadilah manusia yang melampaui kesuksesan yang anda buru, yaitu jadilah manusia yang berbahagia, yang tenang, yang ikhlas, yang menjaga kualitas shalat, yang sempurna beribadah kepada Allah sebagai seorang hamba ! So, tetaplah bergerak dalam Ridha-Nya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sering Dibaca

tayangan bulan lalu